October 14, 2019

Jangan Pernah Berhenti Bermimpi


Bermula ketika saya kelas enam di Sekolah Dasar, waktu itu saya mengikuti dharmawisata kunjungan ke Keraton Jogjakarta. Pada saat itulah saya bertemu turis mancanegara untuk pertama kali. Takjub rasanya hati ini, sungguh Tuhan Yang Maha Kuasa yang menciptakan manusia dengan berbeda beda. Sejak itu saya mulai bermimpi suatu saat semoga bisa mengunjungi atau tinggal sementara waktu di tempat yang jauh, jauh berbeda dengan tempat tinggal saat ini untuk melihat kekayaan Tuhan yang ada di dunia. Disamping itu peristiwa tersebut membuat saya menyenangi pelajaran bahasa asing, salah satunya Bahasa Inggris. Karena saya anggap itulah kunci pendukung agar cita cita berkunjung ke bagian dunia yang lain akan tercapai. Bahkan karena hal ini saya cukup beruntung karena di SMP dan SMA saya mendapat juara Pertama pidato Bahasa Inggris tingkat Kabupaten.

Waktu berlalu sampai akhirnya saya lulus Perguruan tinggi, rupanya banyak distraksi sehingga impian hijrah ke Luar Negeri tidak terpikir sama sekali. Kemudian saya baru teringat lagi saat menjalani masa tunggu mendapat pekerjaan, terlintas beberapa penyesalan “kenapa ya tidak saya persiapkan persyaratan jauh jauh sebelum lulus?” tetapi penyesalan itu cukup menjadi titik balik, kembali saya susun puzzle impian dan saya selalu doakan meminta petunjuk apakah keinginan ini hanya ego pribadi saja ataukah akan membawa kebaikan buat saya pribadi dan tentunya buat orang lain juga. Saya pun akhirnya mendapatkan pekerjaan dan jalan 2 tahun bekerja saya memutuskan untuk menikah. Sebelum menikah, sempat berdiskusi dengan orang tua dan calon mertua alhasil tidak mendapat dukungan untuk melanjutkan studi sebelum menikah, jadi saya meminta izin pada calon suami (saat itu) untuk menjadikan mimpi saya ini menjadi mimpi berdua. Walaupun suami saya belum tertarik untuk melanjutkan studi tetapi dia mendukung dan siap membantu saya mewujudkan cita cita ini.

Begitu banyak hambatan dalam pencapaian cita cita saya, misalnya bertempat tinggal di kota kecil  sehingga untuk mencari bimbingan belajar IELTS cukup menyulitkan saya, tetapi saya mengupayakan untuk terus praktik bahasa Inggris seperti saat mengerjakan paperwork di kantor dan menulis di artikel blog saya ini. Selain itu dalam kesibukan pekerjaan dan mengurus keluarga, tidak mudah mendapat kesempatan fokus mempersiapkan dan mencari kesempatan ke Luar Negeri untuk belajar. Dan sampai saatnya tiba, Tuhan memberi angin segar pada doa saya, Walaupun belum berkesempatan untuk mendapat beasiswa S-2 di luar Negeri tapi saya sangat bersyukur di tahun ini saya mendapat dua undangan ke Luar Negeri sekaligus. Di bulan Juli lalu saya berkesempatan mengikuti Youth Summer School 7-12 Juli 2019 di Chengdu provinsi Sichuan di RRT. Pada perjalanan itu saya dan suami sepakat untuk saya hanya berangkat sendiri karena selain pertimbangan biaya yaitu mempertimbangkan rencana kami untuk pergi bersama mengajak dua anak kami yang masih balita untuk memenuhi undangan kedua yaitu sebagai finalis project presenter di Youth Global Forum 2019 di Amsterdam Belanda 2 – 5 Desember 2019 mendatang (Alhamdulillaaahhh.....)

Grand Opening International Youth Summer School 2019
Foto Bersama Peserta dan Pendukung acara International Youth Summer School 2019


potongan undangan Youth Global Forum 2019
Mengurus sendiri kepergian ke Luar Negeri pertama saya Juli lalu, saya bergantung pada traveloka. Selain karena saya sudah berlangganan untuk memesan pesawat dan hotel jika bepergian dinas maupun wisata domestik sehingga saya mengumpulkan pundi pundi poin traveloka (maklum ibu ibu ya...) juga traveloka merupakan one stop website travel terbaik dan lengkap baik produk dan layanan. Waktu itu saya mendapat Tiket Pulang Pergi Surabaya – Chengdu dengan harga sekitar 5 juta dengan maskapai Singapore Airlines (waaaa, jiwa ibu ibu saya merasa puas), selain itu karena google di blokir di China dan aplikasi WhatsApp tidak terlalu bagus koneksinya, saya tidak mau gambling . Karena saya harus memastikan koneksi dengan keluarga dan anak anak saya di rumah tetap baik maka saya membeli paket internet roaming sekaligus di traveloka. Benar, saya tidak ada gangguan komunikasi sama sekali bahkan teman teman saya disana banyak yang meminjam hotspot saya. Saya puas sekali dan insya Allah yakin akan menggunakan traveloka lagi untuk perjalanan ke Amsterdam nanti.

Pada perjalanan ke Amsterdam bersama suami dan anak anak nanti, saya berencana pergi selama dua minggu, sekalian keliling beberapa negara Eropa lain niatnya hehehe. Selain tiket pesawat dan hotel, untuk memastikan kelancaran dan terwujudnya #Xperienceseru dan tercapainya itinerary yang saya susun, saya akan membeli tiket tiket lain sebelum berangkat dan gayung bersambut sekarang ada fitur traveloka Xperience diantaranya kita bisa membeli tiket atraksi, hiburan, lifestyle, transportasi lokal, dan tur pelengkap travel di destinasi tujuan dengan harga yang lebih murah (waahhh so hepiiii). Sebagai contoh salah satunya nanti kami akan membeli tiket canal cruise melalui canal di Amsterdam dan melewati bangunan dan landmark populer di amsterdam seharga 159,657 rupiah saja (yaayyy) harga ini lebih murah daripada membeli tiket on the spot. Fitur ini sangat membantu buat yang anti ribet  travelling club seperti saya mengingat saya dan suami akan travelling jauh dengan membawa dua balita. wahh ga sabar untuk segera berangkat 

Akhir kata dengan datangnya dua kesempatan ini, saya sangat yakin Tuhan selalu mendengar doa kita dan saya yakin jika beasiswa S-2 nanti membawa kebaikan untuk saya pribadi dan lingkungan, saya yakin Tuhan akan memberi kesempatan itu tetapi jika tidak semoga saya selalu dicukupkan dengan kebahagiaan dan rasa syukur atas semua yang sudah saya peroleh dari-Nya. Begitu juga jika ada teman teman yang punya cita cita seperti saya, jangan pernah berhenti bermimpi dan meyakininya. Tidak disangka cita cita sejak SD bahkan baru terwujud setelah saya menjadi buawa (ibu beranak duwa hehehe). Selain itu semoga pengalaman dan rencana bepergian ke Luar Negeri saya sudah sangat terbantu dengan traveloka dapat menjadi referensi teman teman semua. Selamat berperjalanan dan berpengalaman dengan bersama traveloka Xperience dan mendapatkan #Xperienceseru.





No comments:

Post a Comment